TeknologiTips Mencegah Pencurian Password

Tips Mencegah Pencurian Password

Password atau kata sandi merupakan hal yang sangat penting, karena mencatut tentang data pribadi kita. Untuk itu, kerahasiaan dari Password ini sangatlah penting diperhatikan, karena jika sampai tersebar sebab akan sangat berbahaya.

Nah berikut ini kita akan mengulas artikel tentang Tips Cegah Pencurian Password untuk anda semua. Karena internet sangat rawan terkait praktek ilegal seperti pencurian password ini, maka anda perlu menerapkan proteksi tersebut. simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

1. Gunakan password unik
Tips Cegah Pencurian Password yang pertama ialah silahkan menggunakan password unik. Dalam konten di internet, biasanya membutuhkan pengguna untuk membuat sebuah akun, dan pastinya ada sebuah password juga untuk bisa masuk kedalam akun tersebut. Hindari password dengan penggunan nama, tanggal lahir, atau angka berulang.

2. Gunakan simbol
Para penjahat siber ini bisa melakukan segala hal untuk mencuri password sosial media milik orang lain, dan mereka bisa menjajal untuk memasukkan berbagai huruf untuk mendapatkan kombinasi kata kunci yang cocok. Untuk itu disarankan untuk menggunakan campuran karakter huruf, angka dan karakter sebagai password anda nantinya.

3. Jangan sembarang klik tautan yang tidak jelas
Untuk kasus pencurian password ini bisa dilakukan dengan cara Phishing atau laman palsu, dimana mereka meminta pengguna untuk memasukkan kotak isian login.

Biasanya pelaku akan mengirim sebuah laman palsu kepada email kita dengan iming-iming sebuah hadiah. Untuk Tips Cegah Pencurian Password ini jangan pernah melakukan hal tersebut. Jika dapat email dari akun tidak dikenal sebaiknya masukkan spam saja.

4. Pasang dan update antivirus pada perangkat Anda
Para penjahat siber bisa melakukan apapun untuk mencuri password, seperti melakukan keylogger. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, pelaku bisa mendapatkan data pribadi dari para pengguna internet.

Jika aplikasi ini diaktifkan, maka alat tersebut akan merekam semua aktivitas termasuk saat mengetik password. Untuk menghindari hal ini, anda bisa memasang antivirus atau anti malware dan pastikan selalu up to date.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT