OtomotifTips Memilih Aki Mobil Yang Benar

Tips Memilih Aki Mobil Yang Benar

Mobil menjadi salah kendaraan yang dibutuhkan untuk sebagian kalangan. Mobil menjadi sebuah barang penting dan berguna untuk mendukung aktivitas dan rutinitas harian.

Dengan menggunakan mobil, kita menjadi lebih fleksibel untuk mencapai suatu tujuan dan biayanya relatif lebih murah dibandingkan harus menggunakan moda transportasi lain. Salah satu komponen mobil yang harus selalu kita perhatikan adalah aki.

Aki menjadi sumber kelistrikan pada mobil, tanpa aki maka mobil tidak akan dapat berjalan. Oleh karena itu kita harus memilihnya dengan baik dan benar. Berikut tips dalam memilih aki mobil yang tepat.

Ketahui kebutuhan mobil Anda
Beberapa tipe mobil membutuhkan aki dengan tipe berbeda. Jika mobil yang Anda gunakan sekarang tergolong produksi Eropa dan merupakan keluaran baru, mungkin Anda tak jarang melihat box khusus untuk aki. Untuk tipe mobil ini, sebaiknya Anda memilih dan menggunakan aki kering karena menghindari kerusakan pada kabel dan sensor yang berada di dekat box.

Kapasitas
Beralih pada masalah kapasitas, mungkin Anda bertanya dan mempertimbangkan apakah aki mobil dengan kapasitas standar atau lebih. Jika memang dibutuhkan, Anda bisa memilih aki dengan kapasitas lebih.

Yang jelas, hindari pemilihan aki kecil yang akan membebani altenator lebih banyak dan hal ini akan berpengaruh pada penggunaan bahan bakar. Kerusakan lanjut yang mungkin terjadi adalah aliran listrik menjadi tidak stabil serta mempengaruhi kinerja sensor yang akhirnya merusak ECU.

Perlukah Maintenance Free?
Bagi Anda yang berencana menggunakan aki basah, timbul lagi pertanyaan apakah akan menggunakan aki mobil Maintenance Free (MF) atau sekadar aki basah biasa?

Kalau Anda menggunakan mobil di wilayah yang sangat rawan macet, berada di lingkungan tropis, tapi memaksakan diri menggunakan Air Conditioner (AC), aki basah biasa akan lebih disarankan.

Sudah menentukan tipe aki yang akan digunakan
Sekarang muncul masalah baru yaitu masalah merek aki mobil yang sebaiknya dimiliki. Di pasaran sudah banyak beredar berbagai merek aki seperti Acdelco, Amaron, G-Force, dan lain-lain.

Tapi di Indonesia sendiri merek aki yang cukup terkenal dan menjadi pilihan favorit masyarakat adalah merek GS Astra dan Yuasa. Masing-masing dari merek ini memiliki keunggulan masing-masing.

Garansi
Dalam membeli aki baru, jangan lupa untuk tanyakan mengenai garansi yang berlaku. Sebaiknya pilih aki dengan garansi minimal 6 bulan. Perhatikan juga bagian lubang pengisian aki, struktur sel dipastikan rapi, jarak antar plat yang simetris, hingga warna sel yang lebih terang.

Selain meminta garansi, Anda juga bisa meminta bukti pembayaran dan kalau perlu Anda bisa membuat statement yang diresmikan pihak penjual untuk berani bertanggung jawab ketika terjadi error yang bukan akibat kesalahan pembeli atau pengguna.

Hindari Aki Rekondisi
Hal terakhir yang cukup penting adalah hindari membeli aki rekondisi! Tidak semua penjual bisa dipercaya dalam transaksi aki rekondisi karena bisa saja dia tidak memberitahu informasi sesungguhnya atau bahkan membohongi konsumen tentang kondisi aki yang bukan merupakan aki baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT