Remote-AC-LG-Tidak-Berfungsi

4 Cara Mudah Memperbaiki Remote AC LG Tidak Berfungsi

Kabarandroid.com – Kamu mungkin merasa kesal ketika remote AC LG tidak berfungsi pas cuaca lagi panas terik. Akibatnya, jadi susah buat nyalain unit AC di dalam ruangan dan mengatur suhu yang diinginkan.

Tenang, di panel indoor memang ada tombol darurat, tapi jujur aksesnya agak ribet. Maklum, harus menggunakan tangga dulu biar bisa nyampe ke tombolnya.

Tapi, nggak perlu langsung panik deh. Remote kontrol yang nggak berfungsi masih bisa diatasi kok. Caranya, cek dulu penyebabnya apa dan temukan solusi terbaiknya.

Nah, kita udah siapin tutorial lengkap tentang cara memperbaiki remote AC LG tidak berfungsi. Mulai dari tombol yang macet sampai kondisi normalnya, jadi kamu bisa nyetel suhu AC LG sesuai keinginan.

Cara Mengecheck Kondisi Remote AC LG

Cuma mau kasih tau nih, LG Indonesia punya banyak pilihan AC standar dan inverter yang bisa kamu pilih. Dan tentunya, kamu bakal dapetin remote kontrol sebagai perlengkapannya.

Nah, kalau remote kontrol AC LG-nya nggak berfungsi, bisa aja ada beberapa penyebabnya. Kamu tinggal cek aja barangnya dengan seksama buat analisa lebih dalam.

Pertama, coba perhatiin layarnya, apakah logo dan ikonnya jelas atau malah buram. Kalau buram, kemungkinan baterainya udah perlu diganti yang baru.

Terus, tekan-tekan semua tombol di panel kontrolnya. Kalau ternyata remote-nya masih nggak berfungsi, bisa jadi fitur child lock-nya masih aktif.

Terakhir, bisa aja casing, tombol, atau modul di remote AC LG-nya rusak. Biasanya, ini terjadi kalau remote-nya sering jatuh dari tempat yang tinggi.

Baca juga:   11+ Cara Setting AC LG Biar Dingin dan Hemat Listrik, Cek Disini

Nah, itu dia beberapa opsi yang bisa kamu cek buat remote kontrol-nya dan nemuin solusi terbaik. Dengan tahu penyebab masalahnya, jadi lebih gampang deh buat proses perbaikannya.

Cara Memperbaiki Remote AC LG Tidak Berfungsi

Sekarang, kita akan masuk ke inti pembahasan tentang cara mengatasi remote AC LG yang nggak berfungsi. Nah, kami punya empat cara yang udah terbukti berhasil 100 persen.

Supaya lebih jelas, yuk simak penjelasan berikut ini:

1. Unlock Tombol

Fitur child lock bisa bikin semua tombol di remote AC LG jadi nggak berfungsi. Kamu hanya bisa mengoperasikannya lagi setelah berhasil melakukan proses unlock.

Cara melakukannya:

  • Perhatikan layar remote AC LG.
  • Kalau ada ikon gembok, berarti tombol terkunci.
  • Tekan tombol panah atas dan bawah secara bersamaan.
  • Lepaskan tombol saat ikon gembok hilang.
  • Remote AC LG udah terbuka dan bisa digunakan lagi.

2. Ganti Baterai

Kalo ikonnya pudar dan lampu backlight-nya redup, itu tandanya baterai udah lemah. Akibatnya, tombolnya jadi nggak responsif atau nggak berfungsi sama sekali.

Cara menggantinya:

  • Buka bagian belakang remote untuk mengeluarkan baterainya.
  • Ambil dua baterai dari kompartemen remote.
  • Pasang dua baterai baru dengan ukuran AAA.
  • Tutup casing sampai rapat dan remote-nya udah aktif.
  • Coba deh atur suhu AC LG menggunakan remote.
  • Sekarang remote kontrolnya udah bisa digunakan dengan normal.

3. Pakai Aplikasi

Buat kamu yang punya smartphone dengan sensor IR Blaster, bisa menggunakan aplikasi remote universal. Kamu tinggal download salah satu aplikasi yang bagus untuk dukungan ini.

Cara menggunakannya:

  • Nyalakan smartphone dan koneksikan ke internet.
  • Buka toko aplikasi dan cari aplikasi Mi Remote.
  • Download dan pasang Mi Remote sampai selesai.
  • Buka Mi Remote dan pilih kategori Air Conditioner.
  • Pilih merek LG, lalu akan muncul tombol pairing.
  • Tekan tombol pairing sampai AC LG merespon.
  • Setelah berhasil, simpan pengaturan pairing-nya.
  • Sekarang aplikasi remote digital sudah bisa kamu gunakan.
Baca juga:   3 Daftar Aplikasi Remote AC LG Terbaik Berikut Penggunannya

4. Ganti Remote

Ada kemungkinan komponen remote kontrol-nya rusak sebagian atau total. Mungkin casing pecah, tombol macet, infrared bermasalah, atau modulnya error.

Solusinya cuma satu, yaitu ganti remote dengan unit baru. Kamu bisa beli yang asli dari LG atau pilih versi universal.

Dengan empat cara ini, kamu bisa menemukan solusi terbaik untuk masalah remote kontrol. Jadi, nggak perlu pusing lagi deh saat remote AC LG nggak berfungsi.

Kesimpulan

Dengan mengaplikasikan empat teknik ampuh tersebut, kamu dapat mengatasi permasalahan ketika remote AC LG tidak berfungsi. Meskipun bukan kerusakan hardware, proses perbaikannya tergolong sederhana.

Kamu juga ingin memberikan pandangan tambahan. Bagi pemilik smartphone yang memiliki sensor IR Blaster, menggunakan aplikasi remote AC LG bisa menjadi solusi yang praktis sambil menunggu penggantian remote baru tiba di rumah.

Demikianlah uraian singkat mengenai cara mengatasi remote AC LG yang tidak berfungsi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca setia di sobat kabarandroid.com dan sukses dalam menjalankan opsi perbaikan tanpa mengalami kendala apapun.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!