Remote-AC-LG-Terkunci

3 Cara Memperbaiki Remote AC LG Terkunci Sendiri Tanpa Teknisi

Kabarandroid.com – Setelah meninjau berbagai kelebihan AC LG yang mengesankan, mungkin kamu berencana untuk membelinya. Namun, seiring berjalannya waktu, bisa saja kamu menghadapi beberapa kendala, seperti remote AC LG terkunci.

Kadang-kadang, remote AC LG terkunci , membuat pengoperasian papan kontrol terasa seperti macet. Jangan khawatir, ada solusi yang sederhana namun efektif untuk mengatasi masalah ini.

Sebelum memanggil teknisi, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mengatasi kendala tersebut sendiri dan menghemat biaya perbaikan.

Berikut ini adalah beberapa solusi yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi remote AC LG yang terkunci, dan telah terbukti berhasil mengembalikan tombol ke kondisi semula.

Cara Mengunci Remote AC LG

Banyak orang belum mengetahui bahwa tombol remote AC LG bisa dinonaktifkan. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menekan kombinasi dua simbol tertentu.

Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa harus repot-repot mengunci remote AC? Nah, ini sangat bermanfaat untuk mencegah anak-anak kecil yang suka menekan tombol remote sembarangan.

Berikut adalah cara mengunci remote AC LG:

  1. Hidupkan AC LG dan atur suhu sesuai keinginan.
  2. Setelah selesai mengatur, penguncian akan berlaku.
  3. Tekan tombol panah atas dan bawah secara bersamaan.
  4. Tahan tombol tersebut hingga muncul ikon gembok.
  5. Lepaskan tombol, dan remote akan terkunci.
  6. Untuk menguji, tekan tombol apa pun pada remote. Unit indoor tidak akan merespons perintah apa pun selama terkunci.

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir jika ada anak-anak bermain di ruangan. Meskipun mereka menekan tombol remote, pengaturan AC LG tetap aman.

Baca juga:   Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan AC LG yang Wajib Diketahui!

Cara Memperbaiki Remote AC LG Terkunci

Saat kondisi terkunci, tombol remote AC LG tidak akan berfungsi sama sekali. Oleh karena itu, pastikan untuk membukanya terlebih dahulu sebelum menggunakannya kembali.

LG Indonesia menyediakan beberapa opsi untuk membuka kunci, baik melalui tombol maupun metode lain yang lebih singkat. Kamu tinggal memilih teknik yang paling sesuai dengan preferensimu.

Berikut adalah cara mudah untuk membuka remote AC LG yang terkunci:

1. Tombol Unlock

Setiap remote kontrol mungkin memiliki tombol unlock yang berbeda-beda. Namun, kami akan memberikan kombinasi simbol yang umum digunakan dan mendukung hampir semua tipe AC LG.

  • Perhatikan layar remote untuk memastikan adanya ikon gembok yang aktif.
  • Cari tombol “Temperatur” pada remote kontrol.
  • Biasanya ditandai dengan simbol panah atas dan panah bawah.
  • Tekan tombol panah atas dan bawah secara bersamaan.
  • Tahan tombol tersebut hingga ikon gembok menghilang.
  • Proses membuka kunci remote AC LG berhasil tanpa kendala.

2. Reset Remote

Mungkin cara membuka kunci melalui tombol tidak berhasil karena kombinasi simbol yang berbeda. Jangan khawatir, kamu bisa mencoba metode reset untuk menghapus setelan remote.

  • Cari tombol reset yang biasanya berupa simbol kecil.
  • Tekan dan tahan tombol reset selama 3 detik.
  • Lampu latar akan berkedip dan padam.
  • Ketika remote kembali menyala, berarti proses reset selesai.
  • Perhatikan layar remote dan pastikan ikon gembok telah hilang.
  • Proses membuka kunci remote AC LG berhasil.

3. Lepas Baterai

Dengan memutus sumber daya listrik, semua pengaturan pada remote kontrol akan terhapus. Metode ini menjadi pilihan terakhir untuk membuka kunci tombol yang terkunci.

  • Geser ke bawah untuk membuka casing remote.
  • Lepas baterai dari kompartemen daya.
  • Biarkan remote kontrol tanpa baterai selama 5 menit.
  • Pasang kembali baterai sesuai dengan kutub tegangan.
  • Perhatikan layar remote dan pastikan ikon gembok telah hilang.
  • Proses membuka kunci tombol remote AC LG berhasil.
Baca juga:   Persamaan MOSFET IRF5210: Pinout, Spesifikasi & Datasheet

Dengan menggunakan salah satu dari tiga cara di atas, kamu dapat membuka kunci tombol remote AC LG yang terkunci dengan mudah dan tanpa masalah. Pilihlah cara yang sesuai dengan preferensimu atau situasi yang ada.

Kesimpulan

Sebagian orang memang sengaja membuat remote AC LG terkunci sementara waktu untuk menjaga parameter setelan unit indoor agar tetap terjaga dan tidak bisa diubah.

Menurut pengalaman Kami sebagai pengguna produk AC LG, hal ini merupakan tindakan yang baik untuk mencegah perubahan yang tidak disengaja.

Jadi, jika remote AC LG tidak berfungsi, itu tidak selalu berarti ada kerusakan pada remote tersebut. Kemungkinan fitur child lock dalam keadaan aktif dan kamu hanya perlu membukanya menggunakan tombol yang sesuai.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai prosedur dan panduan penggunaan AC LG, kamu bisa merujuk pada buku manual yang disediakan. Luangkan sedikit waktu untuk mempelajari dan menjadi terampil dalam mengoperasikan produk tersebut.

Demikianlah uraian ringkas tentang cara mengatasi remote AC LG yang terkunci secara efektif. Informasi ini kami dedikasikan kepada pembaca setia kabarandroid.com yang ingin belajar mandiri dan menguasai penggunaan AC LG dengan baik.