Daftar-Kode-Error-AC-LG

60 Kode Error AC LG yang Sering Muncul dan Solusi Perbaikannya

Kabarandroid.com – Apakah AC LG kesayanganmu mengalami kerusakan tanpa Anda mengetahui penyebabnya? Jangan khawatir, kini Anda dapat menemukan jawabannya melalui daftar kode error AC LG yang akan Kami berikan disini.

Kode error AC LG adalah sebuah pesan gangguan yang muncul di layar panel indoor. Pesan ini menjadi petunjuk berharga bagi para teknisi dalam menentukan sumber masalah dengan cepat dan akurat. Dengan begitu, proses analisis penyebab masalah pada AC LG menjadi lebih simpel. Namun, di sisi lain, sensor yang selalu aktif mampu mendeteksi kesalahan, baik yang ringan maupun berat.

Sensor tersebut memiliki peran penting dalam melindungi unit indoor dari kerusakan lebih lanjut. Ketika terjadi gangguan, sensor akan memaksa unit indoor untuk berhenti secara otomatis. Akibatnya, kode kesalahan akan ditampilkan melalui lampu LED yang terletak di panel AC LG.

Dalam menghadapi situasi seperti ini, Anda hanya perlu memahami makna dari kode error AC LG tersebut. Jika memungkinkan, Anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri sebelum menghubungi teknisi.

Daftar Kode Error AC LG

Saat Anda mengaktifkan unit AC LG, semua pengaturannya berada di tombol-tombol pada remote kontrol. Namun, yang terjadi adalah bukan tampilan suhu udara yang muncul, melainkan kode error yang membingungkan.

Dampaknya, tidak ada satu pun tombol pada remote yang Anda tekan yang memiliki pengaruh pada unit indoor. Operasionalnya berhenti total, dan sekarang saatnya menganalisis arti dari kode kesalahan tersebut.

Berikut ini, kami hadirkan daftar lengkap kode error AC LG untuk semua tipe standar dan inverter yang bisa menjadi panduanmu:

Kode Error Keterangan
CH01 Indoor air sensor (open or short)
CH02 Indoor in pipe sensor (open or short)
CH03 Communication control failure
CH04 Pompa pembuangan atau sirkuit saklar apung terbuka
CH05 Communication failure (indoor or outdoor unit)
CH06 Indoor out pipe sensor (open or short)
CH07 Unit indoor masuk mode operasi berbeda
CH09 Indoor EEPROM error
CH10 Indoor fan lock error
CH12 Indoor pipe middle sensor (open or short)
CH21 DC peak
CH22 Max current transformer (CT) 2
CH23 DC link low voltage
CH24 Tombol tekanan rendah atau tinggi terbuka
CH25 Input volt AC tidak normal
CH26 DC comp position error
CH27 PSC fault error
CH28 Tegangan tautan DC tidak normal
CH29 Compressor over current
CH32 Suhu pipa pembuangan terallu tinggi (INV)
CH33 Masalah di suhu pipa pembuangan
CH34 Sirkuit CT mengalami kerusakan
CH41 Sensor D-Pipe INV (oper or short)
CH44 Sensor udara terbuka atau konslet
CH45 Kondensor sensor pipa terbuka atau konslet
CH46 Sensor pipa hisap (open or short)
CH47 Kontra sensor D-Pipe terbuka atau sirkuit pendek
CH48 Air sensor dan D-Pipe terbuka
CH51 Kasitas dan kombinasi beban berlebih
CH52 Mikrofon utama submikom mengalami masalah
CH53 Kesalahan komunikasi unit indoor dan outdoor
CH54 Fase terbalik catu daya atau fase luar ruangan mengalami masalah
CH60 Terjadi error di EEPROM
CH61 Suhu sensor pipa cond. tertalu tinggi
CH62 Suhu sensor pada unit pendingin tinggi
CH63 Suhu sensor pipa cond terlalu rendah
CH65 Sensoer heat sink terbuka atau konslet
CH67 Kunci kipas BLCD outdoor atau motor kipas bermasalah
CH72 Detect 4 way valve transfer failure
CH93 communication error in-out
CH105 Papan utama fan board (comms error)
C5 – CH05 Komunikasi antara unit indoor dan outdoor bermasalah
CA – CH10 Termistor rusak atau suhu mencapai 130 derajat celcius
C1 – CH01 Sensor suhu unit indoor terbuka atau sirkuit tertutup
C2 – CH02 Sirkuit sensor suhu outdoor terbuka/tertutup, masalah termistor dan perpipaan
C3 – CH03 Permasalahan pada komunikasi data (kontrol kabel R indoor)
C4 – CH04 Sensor suhu di sirkuit unit pendingin tertutup atau terbuka
C5 – CH05 Komunikasi unit dalam dan luar mengalami kegagalan
C6 – CH06 Adanya arus berlebihan pada rangkaian daya DC inverter
C7 – CH07 Kompressor mengalami kelebihan beban arus listrik
C8 – CH08 Kipas di unit indoor tidak berputar
C9 – CH09 Kipas pada unit outdoor tak berputar
CA – CH10 Termistor rusak atau suhu mencapai 130 derajat celcius
CH32 Suhu pembuangan refrigerant terlalu tinggi atau rendah, aliran udara tersumbat, coil kotor
CC Terjadi permasalahan pada EEPROM
CD Modul inverter mengalami kerusakan
CL Tekan tombol timer AC LG dan Temp min bersamaan selama 3 detik (aktif/nonaktif)
HL Saklar pada float switch terbuka
Po Sistem memasuki mode daya
Lo Sistem memsasuki mode uji
Baca juga:   Inilah Tabel Daftar Persamaan Transistor Lengkap

Tabel yang telah disajikan di atas, memberikan daftar kode error AC LG yang sering muncul. Namun, perlu ditekankan bahwa daftar ini semata-mata memiliki tujuan edukatif.

Mengapa demikian? Karena pada kenyataannya, produk seri tertentu dapat menerapkan standar pengkodean yang berbeda. Oleh karena itu, sebelum melangkah lebih jauh, penting bagi Anda untuk memastikan kembali dengan merujuk pada buku manual sebagai referensi yang akurat.

Proses perbaikan mungkin akan melibatkan keterampilan teknisi yang memadai. Jadi, jika Anda merasa kurang yakin atau tidak memiliki pengetahuan yang memadai, disarankan untuk mendapatkan bantuan dari para ahli di bidang ini.

Cara Mengatasi Error AC LG

Membahas tentang arti simbol pada remote AC LG dapat sangat membantu pemula untuk memahami secara menyeluruh bagaimana mengoperasikan unit indoor dengan benar. Ini akan memungkinkan mereka untuk mengkonfigurasi AC dengan tepat dan memaksimalkan fungsinya.

Apabila terjadi kesalahan dalam pengaturan AC LG, kinerjanya bisa menjadi kurang maksimal. Bahkan, ini bisa berakibat munculnya kode kesalahan dan unit indoor akan berhenti beroperasi.

Namun, jangan khawatir! Di sini kami memiliki beberapa cara untuk membantu pemula mengatasi kode error yang sering muncul pada AC LG:

1. Solusi untuk Kode Kesalahan pada Remote

Terkadang, semua tombol pada remote tidak berfungsi, meskipun hanya satu tombol yang tidak berfungsi. Kondisi ini menandakan bahwa baterai pada remote sedang lemah, dan tampilan ikon pada layar remote akan menjadi redup.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengganti baterai remote dengan dua baterai yang baru dan pastikan tidak mencampur baterai lama dengan baterai baru. Jika ada ikon gembok yang muncul, itu berarti child lock aktif, Anda hanya perlu membuka kunci pada remote AC LG.

Baca juga:   Daftar Lengkap Kode Remot AC LG Berikut Cara Settingnya

2. Solusi untuk Gerakan Air Swing yang Berhenti

Terkadang, bagian yang disebut “air swing” atau papan pembelok pada unit AC tidak bergerak. Cobalah untuk memulai ulang dengan mencabut stop kontak yang terpasang.

Biarkan AC off selama sekitar 15 menit, kemudian sambungkan kembali seperti semula. Jika gerakan air swing masih terhenti, Anda bisa menghubungi layanan teknisi LG terdekat untuk mendapatkan bantuan.

3. Solusi untuk AC yang Berisik

Seiring penggunaan yang rutin, debu akan mengumpul di unit indoor maupun outdoor AC. Jika terlalu banyak debu yang menumpuk, ini dapat menyebabkan masalah seperti suhu udara yang tidak dingin.

Namun, AC LG tidak selalu menampilkan kode kesalahan jika produk tersebut sudah sangat kotor. Akibatnya, AC dapat menjadi berisik. Solusinya adalah dengan membersihkan unit AC melalui jasa teknisi yang berkompeten.

Kesimpulan

Dalam dunia AC, ada satu merek yang cukup terkenal dan diakui keawetannya dalam beroperasi, yaitu LG. Kami ngin memberikan sudut pandang dan saran kepada pemula agar mereka dapat dengan mudah memahami cara menggunakan AC LG dengan benar.

Secara umum, AC LG memiliki masa operasional yang cukup lama jika digunakan dengan benar sesuai dengan prosedur yang tertera dalam buku manual. Namun, jika digunakan secara sembarangan, risiko munculnya kode error pada AC LG akan semakin tinggi dan sering terjadi. Akibatnya, Anda harus siap mengeluarkan sejumlah biaya untuk memanggil teknisi.

Untuk menghindari hal ini, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba sebelum memanggil teknisi. Beberapa masalah ringan pada AC LG bisa diselesaikan dengan mencoba metode reset menggunakan remote AC. Metode ini terutama berguna untuk mengembalikan kondisi tombol dan kontrol yang mungkin tidak berfungsi dengan baik.

Selain itu, kode-kode pada remote AC LG memiliki fungsi yang penting dalam proses pairing alat pengendali universal. Anda juga dapat melihat simbol error yang muncul pada AC, karena simbol tersebut memberikan informasi mengenai masalah yang sedang terjadi pada produk.

Demikianlah penjelasan singkat tentang daftar kode error AC LG untuk semua tipe lengkap. Semoga dengan informasi ini, Anda yang membaca dari Kabarandroid.com dapat dengan mudah menemukan penyebab masalah pada AC LG dan melakukan perbaikan yang diperlukan.