WisataIndahnya Pesona Danau Singkarak Sumatera Barat

Indahnya Pesona Danau Singkarak Sumatera Barat

Danau singkarak memiliki luas sekitar 1.000 hektar, dengan luasnya tersebut danau ini menjadi danau terluas kedua didataran sumatera setelah danau toba. Danau singkarak memiliki kedalaman sekitar 268 meter, dan berada diketinggian 363,5 meter di atas permukaan laut.

Danau ini masuk kedalam jenis danau tektonik karena terbentuk dari letusan gunung berapi. Meskipun danau ini sangat luas, tapi kehidupan didalamnya sangatlah minim, di danau singkarak hanya di huni oleh 19 jenis ikan.

Hal ini kemungkinan terjadi karena keterbatasan plankton sebagai makanan ikan, karena kedalaman danau yang tidak bisa dijangkau cahaya matahari. Danau ini ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, daya pikat tempat wisata ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1905, melalui sebuah jurnal biologi seorang peneliti dari jerman Ernst Haeckel.

Dalam proses penelitiannya itu, Ernst Haeckel merasa kagum dengan keindahan yang ditampilkan danau ini, air nya yang jernih dan aktivitas yang luar biasa indah dari nelayan yang mencari ikan. Juga pemandangan hijau yang membuat Ernst Haeckel akhirnya melukiskan danau ini untuk mengambarkan ke kagumannya.

Altivitas Yang Bisa Dilakukan di Danau Singkarak

Jika Kamu ingin berlibur menikmati alam, Danau Singkarak bisa menjadi alternatif yang menarik. Selain melihat pemandangannya yang indah, di Danau Singkarak terdapat banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan disini.

– Berenang di air danaunya yang jernih
– Menaiki sampan untuk berkeliling Danau Singkarak
– Memancing di tepi danau atau
– Ikut nelayan menangkap ikan

Akses ke Danau Singkarak

Danau singkarak adalah danau yang membentang luas di dua kabupaten, yaitu kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar. Untuk bisa sampai ke Danau Singkarak, kamu bisa menggunakan beberapa alternatif angkutan dari Kota Padang ke Singkarak.

Menggunakan mini bus
Kamu bisa berangkat dari Kota Padang, naik minibus dari pool mobil jasa malindo, kemudian naik minibus lagi ke Kota Solok. Lalu disambung naik angkot ke arah Singkarak Tembok dan Tikakak

Menggunakan mobil travel
Kamu bisa menggunakan travel atau jika perlu menyewa mobil langsung dari Padang, pilihan ini tentu akan membuat kamu merasa lebih nyaman daripada menaiki angkutan umum yang harus naik turun.

Jangan lupa untuk selalu membawa kamera atau smartphone yang terisi penuh baterainya, karena disini banyak tempat yang sangat cocok untuk dijadikan momen berharga kamu. Pemandangan dari danau yang luas ditambah panorama Bukit Barisan yang hijau di seberangnya, benar-benar akan membuat kamu nggak mau pulang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT