KesehatanCara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Cepat

Berbagai macam permasalahan rambut yang sering orang alami, namun kutu rambut adalah permasalahan serius yang harus dengan cepat kita atasi. Pada umumnya kutu rambut hidup area kepala yang memiliki rambut lebat, ia mengisap darah para kulit kepala kita, sehingga kulit kepala kita terasa gatal.

Adanya kutu ini tentu membuat penderita sangat terganggu apa lagi ketika berada di tempat umum. Penderita biasanya kerap disibukan dengan aktivitas menggaruk-garuk kepala akibatnya kulit kepala rentan dan rambut juga lama kelamaan akan mengalami kerontokan.

Kutu rambut merupakan masalah yang sangat serius karena kutu rambut ini sangat mudah sekali menular. Kutu rambut termasuk dalam kategori serangga yang cepat berkembangbiak. Ia mampu menghasilkan setidaknya 6 butir telur dalam sehari dan telur-telur tersebut akan menentas setelah kurang lebih 7 hari.

Apa Penyebab Kutu Rambut?

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan kutu rambut di kepala Anda. Namun, salah satu penyebab kutu rambut yang sering dialami adalah karena menggunakan sisir yang telah digunakan oleh penderita kutu rambut sebelumnya.

Selain itu yang terpenting adalah faktor kebersihan rambut. Jangan menggunakan shampoo kimia sembarangan karena itu juga dapat memicu tumbulnya kutu rambut pada bagian kepala Anda.

Selanjutnya tidak kalah penting nya adalah selalu memperhatikan kebersiahan pada bantal dan kamar tidur Anda. Selalau bersihkan dan cuci sarung bantal Anda atau menjemurnya langsung ke sinar matahari agar selalu steril.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Cepat

1. Obat Kimia
Untuk menghilangkan kutu rambut di kepala Anda adalah dengan menggunakan obat kimia, obat ini bisa Anda dapatkan di apotik. Dengan menggunakan obat kima memang hasilnya sangat cepat dan efektif, namun perlu diketahui menggungakan obat kimia tentu saja dapat berdampak pada rambut yang rontok.

Selain rontok, juga berpotensi dan berketombe atau menyebabkan kulit kepala akan menjadi gatal karena efek samping dari obat tersebut. Namun ada kalanya Anda juga mencoba tips ini. Sebelum itu tanyakan kepada penjual atau apoteker mengenai obat yang bagus untuk menghilangkan kutu rambut.

2. Bawang Merah
Selanjutnya, untuk menghilangkan kutu rambut di kepala Anda adalah dengan menggunakan bawang merah. Bawang merah adalah ramuan tradisional yang cukup ampuh untuk mengatasi permasalahan kutu rambut.

Cara membuat nya adalah dengan mengancurkan bawang merah sampai lembut dan halus, kemudian oleskan pada kulit kepala sambil pijit-pijit dengan lembut. Biarkan beberapa saat sambil ditutup dengan menggunakan penutup kepala, kemudian sebaiknya keramas sampai bersih dan lakukan cara ini secara teratur supaya kutu cepat hilang.

3. Sisir Rapat atau Serit
Jika sudah mengatahui ada kutu di rambut, maka sebaiknya sering-sering untuk menggunakan serit guna untuk menghilangkan kutu rambut dikepala. Biasanya kutu menempel pada rambut, sehingga ketika disisir kutu akan berjatuhan. Akan tetapi cara ini tidak bisa menghilangkan kutu rambut secara menyeluruh.

4. Jus Lemon
Anda juga bisa menghilangkan kutu rambut dengan mengguankan Jus lemon. Cukup menggunakan jus lemon kutu pada rambut akan tersiksa oleh sifat asam yang dimilikinya. Buatlah jus lemon dari buah yang segar, kemudian basuh rambut dengan jus lemon. Diamkan selama setengh jam, barulah bilas dengan cuka dan air hangat.

5. Cuka
Menghilangkan kutu rambut dengan cuka adalah kebiasaan orang terdahulu, sebagaimana kita ketahui bahwa cuka memiliki kadar asam asetat yang sangat efektif untuk membunuh kutu dan menghancurkan telur kutu yang belum menetas. Tetapi efek samping yang timbul terkadang merugikan, untuk itu sebelum Anda gunakan untuk mengoles rambut sangat penting menambahkan air secukupnya.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai permasalahan kutu rambut di kepala. Semoga artikel ini bisa memberikan Anda informasi untuk menghilangkan kutu rambut di kepala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT