TeknologiCara Menghapus Malware Komputer atau Laptop

Cara Menghapus Malware Komputer atau Laptop

Malware adalah hal yang paling dibenci Pengguna komputer atau Laptop. Jika komputer kita terkena malware otomatis komputer kita akan seperti rusak, contohnya menjadi lemot atau file akan terhapus dengan sendirinya.

Tetapi jika Komputer kita terkena Malware Seperti ini Jangan langsung Install ulang. Kita bisa melakukan 5 Cara Menghapus Malware Komputer Atau Laptop dibawah ini.

5 Cara Menghapus Malware Komputer Atau Laptop

1. Update Windows
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencoba memperbarui Windows. Banyak komputer yang lebih baru akan memiliki update otomatis yang aktif secara default. Tapi kadang-kadang update hanya akan mendownload tetapi tidak menginstalnya sampai Anda memerintahkan. Silahkan koneksi ke internet dan masuk ke control panel untuk melakukan update sekarang juga.

2. Cari Antivirus Terbaik
Selanjutnya, cari antivirus terbaik dan ikuti anjuran mereka tentang cara menghapus malware, virus atau spyware. Umumnya, Anda akan menemukan tips tentang cara untuk menghapus malware secara manual dengan mengunjungi SARC.com atau situs keamanan lainnya yang terpercaya.

3. Restart dan masuk ke Safe Mode with Networking
Untuk sampai disana, reboot komputer dan tekan F8 beberapa kali sampai Anda melihat menu boot Safe Mode with Networking. Setelah berada dalam mode itu, silahkan konek ke internet dan kunjungi MalwareBytes.org dan download versi gratis (atau versi Komersial dari Malwarebytes yang akan melindungi Anda secara real-time). Instal dan jalankan scan. Jika mendeteksi sesuatu silahkan hapus dan reboot komputer. Mudah-mudahan, ini akan memecahkan masalah.

4. Memakai Software Hijack This
Cara selanjutnya yang bisa dipilih, anda dapat men-download sebuah program yang disebut Hijack This. Software tersebut merupakan alat yang sangat canggih yang memungkinkan Anda untuk menghapus BHO (Browser Helper Objects) jahat. Kalau ada file yang terdeteksi virusnya, Anda dapat menghapus perangkat lunak berbahaya secara langsung dari tool HJT.

5. Install Ulang
Jika semuanya gagal, Anda perlu menginstal ulang. Backup dokumen penting ke drive eksternal atau backup secara cloud. Ada baiknya untuk menjalankan Recovery Disk Anda atau menggunakan CD Windows untuk memformat dan menginstal ulang Sistem Operasi.

Berita berikutnyaTips Memaksimalkan BIOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT