Cara-Membersihkan-AC-LG

8 Cara Membersihkan AC LG Sendiri Yang Benar & Mudah

Kabarandroid.com – Mengetahui cara membersihkan AC LG yang benar dapat menghasilkan penghematan signifikan dalam anggaran perawatan AC Anda. Dengan demikian, Anda dapat menghindari kebutuhan untuk memanggil teknisi AC untuk melaksanakan proses pembersihan.

Rajin membersihkan AC merupakan langkah yang penting untuk menjaga kualitas udara yang dihasilkan oleh perangkat tersebut. Meskipun cara membersihkan AC LG pada umumnya serupa dengan merek lain, ada satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu kehati-hatian saat membersihkan komponen internal AC agar tidak menyebabkan kerusakan.

Penting untuk diingat bahwa jika AC tidak dibersihkan secara teratur, dapat mengakibatkan berbagai masalah. Salah satunya adalah meningkatnya risiko kerusakan pada AC, penggunaan daya listrik yang lebih boros, dan kualitas udara yang dihasilkan menjadi buruk.

Anda mungkin penasaran, apa hubungannya antara AC yang kotor dan penggunaan daya listrik yang boros? Ketika AC tidak sering dibersihkan, debu dan kotoran akan menumpuk pada filter, yang menyebabkan AC harus bekerja lebih keras dari biasanya. Akibatnya, penggunaan listrik meningkat dan hal ini dapat berdampak negatif pada kesehatan AC itu sendiri.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami cara membersihkan AC LG sendiri agar kualitas dan daya tahan AC Anda tetap terjaga. Dengan melakukan perawatan yang tepat, Anda dapat menghindari kerusakan yang tidak diinginkan dan memastikan AC Anda berfungsi dengan baik dalam jangka panjang.

Cara Membersihkan AC LG

Terdapat delapan cara yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan AC LG untuk tipe dual inverter, Hercules, atau jenis lainnya agar hasilnya optimal. Sebelum memulai proses pembersihan AC, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Berikut adalah beberapa hal yang harus disiapkan:

  1. Sikat Gigi (opsional)
  2. Penyedot debu
  3. Kuas dengan ukuran kecil/medium
  4. Obeng plus dan minus
  5. Selang air, gayung, ember, dan lap
  6. Cairan pembersih
  7. Lakban

Lebih baik jika Anda menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan filter. Namun, jika tidak ada, Anda dapat menggunakan sikat gigi sebagai alternatif untuk membersihkan filternya. Setelah semua peralatan sudah disiapkan, silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk membersihkan AC-nya:

Langkah 1: Matikan Arus Listrik ke AC

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat membersihkan AC LG adalah memastikan bahwa arus listrik ke AC telah dimatikan sepenuhnya. Pilihlah tempat yang terjauh dari jangkauan air dan pastikan untuk menutup lubang saklar menggunakan lakban guna mencegah air masuk.

Langkah 2: Bersihkan Penutup AC

Langkah berikutnya adalah membersihkan bagian penutup AC. Anda dapat menggunakan lap kering dan lap basah (lembap) untuk melakukan pembersihan pada penutup AC. Gunakan lap yang sedikit basah (lembap) untuk membersihkan permukaan penutup AC dan ventilasinya.

Cara ini berguna untuk menghilangkan debu atau kotoran yang sulit dibersihkan dengan menggunakan lap kering. Setelah debu atau kotoran terangkat dengan lap basah (lembap), gunakan lap kering untuk mengeringkan penutup AC.

Baca juga:   Daftar Tabel Fungsi Tombol Remote AC LG Lama dan Baru

Langkah 3: Bersihkan Bagian Filter

Setelah membersihkan bagian penutup AC, langkah berikutnya adalah membersihkan bagian dalam AC, terutama bagian filter. Untuk melepas filter AC, disarankan untuk merujuk pada buku panduan dan mengikuti instruksi yang telah disediakan.

Setelah berhasil melepas filter AC, ikuti langkah-langkah berikut untuk membersihkan filter AC:

  1. Pertama, bersihkan debu pada filter menggunakan sikat gigi bekas atau penyedot debu yang lebih disarankan.
  2. Selanjutnya, cuci filter menggunakan air. Jika kondisi filter sangat kotor, Anda dapat menggunakan cairan pembersih yang direkomendasikan.
  3. Pastikan untuk membilas filter yang telah dicuci sampai bersih dan keringkan dengan baik.
  4. Terakhir, tunggu hingga filter benar-benar kering dan pastikan untuk mengelapnya dengan kain kering agar tidak ada air atau debu yang menempel pada filter.

Mengapa menjaga kebersihan filter AC sangat penting? Hal ini dikarenakan filter AC berperan dalam menarik udara dari ruangan, melakukan proses penyaringan udara di dalam AC, dan menghasilkan udara yang bersih dan dingin ketika dilepaskan kembali ke ruangan.

Dengan menjaga kebersihan filter, Anda memastikan kualitas udara yang dihasilkan oleh AC tetap optimal dan menjaga performa AC secara keseluruhan.

Langkah 4: Keringkan Filter

Setelah membersihkan filter, langkah selanjutnya adalah mengeringkannya dengan cara menganginkannya sejenak. Pastikan Anda menempatkan filter dalam tempat yang teduh dan bersih dari kotoran agar bisa kering dengan baik.

Langkah 5: Bersihkan Bagian Evaporator

Kita sekarang akan melanjutkan dengan membersihkan bagian evaporator pada unit indoor AC. Sebelum memulai proses pembersihan, sangat penting untuk menutupi area lantai dan dinding dekat AC agar terlindungi.

Mengapa demikian? Pada tahap ini, ada kemungkinan air kotor menetes yang dapat mengotori area sekitarnya. Pastikan juga Anda menyiapkan ember untuk menampung air kotor yang mungkin keluar, sehingga tidak merusak lingkungan sekitar.

Setelah semua persiapan telah dilakukan dengan baik, Anda dapat memulai membersihkan bagian evaporator dengan menggunakan cairan pembersih AC. Cara pembersihan ini cukup sederhana, yakni dengan menggunakan semprotan yang telah dicampur dengan cairan pembersih AC hingga evaporator terlihat bersih.

Penting untuk diperhatikan bahwa saat membersihkan evaporator, harus dilakukan dengan hati-hati karena bagian ini tidak dapat dilepas dari unit indoor AC seperti bagian filter. Pastikan semprotan cairan pembersih diarahkan dengan benar ke evaporator agar membersihkan dengan efektif dan tidak merusak komponen lainnya.

Langkah 6: Bersihkan Bagian AC Lainnya

Selain melakukan pembersihan pada bagian penutup luar, filter, dan evaporator, ada beberapa bagian lain pada AC yang perlu diperhatikan. Gunakan lap kering untuk membersihkan area sela-sela AC agar bagian tersebut benar-benar bersih dari kotoran yang menempel.

Terutama pada bagian penutup dalam, biasanya terlihat lebih kotor dan membutuhkan pembersihan ekstra. Gunakan lap kering yang telah sedikit dibasahi untuk membersihkan bagian tersebut secara efektif.

Langkah 7: Check Tekanan Freon AC

Pastikan Anda selalu memeriksa tekanan freon pada AC agar tetap sesuai dengan standar yang ditetapkan. Apabila terjadi penurunan tekanan freon, bisa jadi ada kebocoran yang perlu segera ditangani. Jangan biarkan kebocoran freon dibiarkan begitu saja, karena gas freon yang terlepas dapat berbahaya jika terhirup. Oleh karena itu, selalu periksa tekanan freon dan kondisinya secara teratur.

Baca juga:   Daftar Lengkap Kode Remot AC LG Berikut Cara Settingnya

Selain itu, disarankan untuk melakukan penggantian freon secara periodik, misalnya setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali. Dengan melakukan penggantian secara rutin, Anda dapat memastikan bahwa freon AC dalam kondisi optimal dan menghindari masalah yang mungkin timbul akibat kebocoran atau kekurangan freon.

Langkah 8: Bersihkan Unit Outdoor

Setelah selesai membersihkan unit indoor, langkah selanjutnya adalah membersihkan unit outdoor AC. Pastikan sebelum memulai proses pembersihan, Anda telah mencabut colokan dari sumber listrik untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Untuk membersihkan bagian cover unit outdoor, gunakan lap yang telah dibasahi untuk menghapus debu dan kotoran yang menempel. Selanjutnya, gunakan kuas atau sikat gigi untuk membersihkan sela-sela yang sempit dan sulit dijangkau.

Untuk membersihkan bagian dalam unit outdoor, Anda perlu menggunakan air. Siramkan air pada sela-sela AC dari sisi depan dan sedikit ke arah kiri, mengingat di sebelah kanan unit outdoor terdapat mesin kompresor.

Agar proses pembersihan AC outdoor dapat berjalan dengan aman dan efektif, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan jasa profesional. Dengan menggunakan jasa AC professional, Anda dapat memastikan keamanan dan hasil yang optimal dalam membersihkan unit outdoor AC.

Para profesional memiliki pengetahuan dan peralatan yang tepat untuk menjalankan tugas tersebut. Jadi, jika Anda merasa tidak yakin atau ingin menghindari risiko yang mungkin timbul, sebaiknya mempercayakan pembersihan AC outdoor kepada para ahli yang berpengalaman.

Kesimpulan

Dalam menjaga AC LG agar tetap berfungsi optimal, membersihkan AC secara rutin adalah langkah yang penting. Dengan memahami cara membersihkan AC LG, seperti membersihkan bagian cover, filter, evaporator, dan unit outdoor, Anda dapat menjaga kualitas udara yang dihasilkan.

Denagan cara tesebut dapat menghindari kerusakan yang lebih serius, dan menghemat biaya perawatan. Namun, penting untuk diingat bahwa membersihkan AC memerlukan kehati-hatian dan pemahaman yang baik mengenai komponen-komponen AC.

Kami ingin menekankan betapa pentingnya melakukan perawatan rutin pada AC. Membersihkan AC secara teratur tidak hanya berdampak pada kualitas udara yang dihasilkan, tetapi juga pada performa dan umur AC itu sendiri.

Dalam prakteknya, Kami sering menemui AC yang mengalami kerusakan serius karena kurangnya perawatan yang tepat. Kebocoran, penumpukan kotoran, dan penurunan tekanan freon adalah beberapa masalah yang dapat dihindari melalui pembersihan dan perawatan yang teratur.

Oleh karena itu, sebagai pemilik AC, Anda dapat mengambil langkah-langkah sederhana seperti membersihkan filter, evaporator, dan unit outdoor, serta menjaga tekanan freon yang optimal, untuk memastikan AC tetap berfungsi dengan baik dan awet dalam jangka panjang.

Jika Anda merasa kurang yakin atau tidak memiliki pengetahuan yang cukup, Kami sarankan agar Anda sebaiknya memanggil teknisi AC berpengalaman untuk melakukan perawatan dan pembersihan secara profesional.

Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Anda ke Kabarandroid.com. Jangan lewatkan artikel menarik kami lainnya yang membahas berbagai hal seputar AC LG. Tetaplah berada di sini untuk mendapatkan informasi terbaru yang bermanfaat dan berguna dalam merawat AC Anda.