KesehatanCara Agar Rambut Tidak Rontok, Wajib Tahu!

Cara Agar Rambut Tidak Rontok, Wajib Tahu!

Ada pepatah mengatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Menjaga kesehatan rambut memang mutlak bagi siapa saja, ketimbang mengobati masalah rambut maka lebih baik menjaganya supaya selalu sehat.

Terlebih bagi perempuan, rambut adalah aset yang sangat berharga sehingga harus tepat dalam merawatnya. Terkadang tuntutan penampilan yang mengharuskan rambut untuk dimodel dan dirias sedemikian rupa namun lupa menjaga kesehatan rambut.

Jika hal ini terus dibiarkan, maka lama kelamaan rambut akan menjadi rontok, berketombe, patah, dan berbagai masalah rambut lainnya. Untuk itu, kita harus senantiasa merawat rambut agar tetap sehat walaupun dirias sedemikian rupa.

Berikut ini adalah beberapa cara agar rambut tidak rontok dan tetap sehat.

Cara Agar Rambut Tidak Rontok

1. Jangan Menyisir Ketika Rambut Basah
Jangan langsung menyisir rambut dalam keadaan yang basah, hal ini justru akan membuat rambut Anda menjadi rontok. Tidak percaya?

Pada saat rambut basah, batang dan akar rambut akan menjadi rentan. Untuk mengatasinya, tunggulah rambut Anda agar rambut menjadi agak kering baru boleh disisir.

2. Hindari Sinar Matahari Langsung
Berikutnya adalah dengan menghindarkan rambut terkena sinar matahari secara langsung. Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (uv) yang dapat merusak rambut.

Nah, jika Anda sedang berada di luar ruangan sebaiknya gunakanlah payung atau topi untuk melindungi rambut Anda dari paparan sinar matahari secara langsung. Selain sinar matahari, faktor penyebab rusaknya rambut lainnya adalah kotoran dan polusi yang ada di udara sekitar.

3. Hindari Stress
Faktor penting lainnya dalam menjaga kesehatan rambut adalah stress. Percayakah Anda bahwa stress dapat membuat rambut menjadi rusak? Yup, hal ini dikarenakan pada saat stress maka hormone yang ada di dalam tubuh akan memproduksi minyak berlebih sehingga rambut akan mudah rontok.

Nah, Anda harus benar-benar menghilangkan stress dari pikiran Anda agar rambut Anda tetap sehat. Bagaimana caranya? Anda dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan sehingga dapat melupakan beban pikiran seperti berkunjung ke tempat-tempat yang masih alami atau melakukan hobi yang Anda sukai.

4. Kurangi Mengikat Rambut
Mengikat rambut super kencang juga dapat membuat rambut Anda rusak. Mungkin mengikat rambut akan membuat rambut menjadi mudah diatur dan terlihat rapi.

Namun jika caranya salah justru akan menjadi petaka untuk rambut Anda. Jika Anda ingin mengikat rambut, sebaiknya jangan mengikat rambut Anda terlalu ketat sehingga tidak menarik rambut sehingga membuat rambut rontok atau patah.

5. Perhatikan Kondisi Tidur
Tidur sering kali menjadi penyebab rambut menjadi kusut, rontok, dan masalah lainnya. Jika Anda ingin rambut tetap sehat maka perhatikan posisi tidur Anda.

Saat tidur, sebaiknya biarkan rambut Anda terurai disalah satu sisi agar pada saat bangun nanti rambut tidak menjadi kusut. Selain itu, faktor bantal juga berpengaruh. Anda bisa menggunakan bantal dengan bahan satin agar mengurangi gesekan dengan bantal yang dapat membuat rambut Anda patah.

6. Menjaga Pola Makan
Tips berikutnya adalah dengan menjaga pola makan dan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Makanan juga berpengaruh dalam kesehatan rambut. Agar rambut Anda tetap sehat dan hitam, konsumsilah makanan yang bergizi dan jangan lupa untuk makan sayuran dan buah-buahan.

7. Perlakukan Rambut Dengan Lembut
Hal lainnya yang sering dilupakan oleh wanita adalah pada saat mengeringkan rambut yang basah. Biasanya saat mengeringkan rambut, mereka akan menggosok rambut.

Hal ini justru akan membuat rambut Anda menjadi patah dan juga rontok. Nah, jika Anda ingin mengeringkan rambut yang basah sebaiknya lakukan dengan cara ditekan. Ini jauh lebih aman jika dibanding digosok.

8. Memilih Shampoo Yang Tepat
Memilih shampo untuk keramas juga perlu diperhatikan. Jika Anda ingin rambut Anda tetap sehat, gunakanlah shampoo yang mengandung zinc dan juga vitamin, karena kedua zat tersebut sangat penting bagi kesehatan rambut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT